Alat Yang Membuat Sinyal Modem Cepat

Kali ini saya akan berbicara masalah seputar modem,  Ngomong-ngomong soal modem nih, pastinya kualitas sinyal (banyaknya sinyal) yang didapatkan tiap-tiap pengguna internet atau pengguna modem berbeda-beda. Di satu lokasi bisa saja ada yang mendapatkan sinyal full bar, tapi ada juga lokasi yang hanya bisa mendapatkan sinyal setengah saja atau bahkan satu bar saja. Ini satu keberuntungan tersendiri bagi anda jika lokasi anda berada dekat dengan BTS provider anda. Anda dijamin akan mendapatkan sinyal full bar.

Sedangkan bagi anda yang lokasinya tidak mendukung dengan provider internet anda, artinya anda hanya mendapatkan sinyal minim dan tidak bisa stabil, kadang naik kadang juga turun, pasti ini menjadi masalah yang bisa bikin stress anda karena kenyamanan berinternet anda akan terganggu. Sudah sinyal tidak stabil, sering RTO lagi, pasti deh pengennya marah-marah.
Iya, jadi teringat. Di artikel ini saya juga akan menambahkan satu lagi penyebab koneksi anda sering RTO yang di artikel saya sebelumnya hanya menekankan pada permasalahan jaringan, yaitu minimnya sinyal yang anda dapatkan. Bisa dipastikan jika anda hanya mendapat sinyal 1 atau 2 bar, maka jangan salahkan jika koneksi internet anda sering tersendat-sendat alias RTO. Lemot pasti, RTO bisa saja terjadi.
Makanya, sebelum anda bertindak lebih jauh tentang masalah koneksi internet yang sering anda dapatkan, langkah pertama yang wajib anda lakukan adalah memastikan bahwa sinyal yang anda dapatkan bagus, lebih bagus lagi jika anda mendapatkan sinyal full bar. Ini juga wajib jika anda berniat menggunakan suatu provider baru. Jadi anda harus mencari review dulu atau bertanya-tanya, apakah di lokasi anda bisa mendapatkan sinyal yang bagus, jika anda menggunakan suatu provider tertentu. Jangan sampai anda tergiur dengan iming-iming iklan sedangkan lokasi anda sendiri tidak mendukung, akibatnya ya anda akan menyesal di kemudian hari. Ingat, lokasi menentukan prestasi.
Oke, kali ini saya akan berbagi tips cara meningkatkan kualitas sinyal modem atau menambah sinyal modem dengan bantuan suatu alat/tool. Tips ini hanya digunakan bagi anda yang kurang beruntung, yang hanya mendapatkan sinyal yang sangat minimal, 1 bar atau 2 bar. Dengan semakin banyak sinyal yang anda dapatkan ‘kemungkinan besar’ juga akan meningkatkan kecepatan download anda, khususnya bagi pengguna provider CDMA, yang kecepatan internet sangat tergantung pada banyaknya sinyal yang didapat.
Di sini saya akan memperkenalkan 4 alat yang bisa digunakan untuk menambah sinyal modem anda. Semua modem dan semua operator. 4 alat ini saya kelompokkan sendiri, jadi atas kesimpulan saya maka saya hanya menuliskan 4 alat yang digunakan untuk menambah sinyal modem.
1. USB Extender (Perpanjangan kabel USB)
Mulai dari alat yang paling sederhana yaitu USB Extender atau perpanjangan kabel USB. Dilihat dari namanya berarti fungsi alat ini adalah untuk menyambung modem. USB extender ini sendiri bisa mencapai panjang hingga 10 meter. Ini adalah cara yang mudah untuk menambah sinyal modem anda. Mungkin ada yang berpendapat bahwa USB extender ini tidak begitu banyak membantu untuk menambah sinyal. Tapi saya pernah mengalaminya sendiri di daerah pedalaman yang sangat sulit sinyal. Ini saya alami waktu di Kalimantan. Bahkan beda tempat 1 meter saja sudah beda sinyal yang didapat. Misal jika modem ditaruh di lantai sinyal yang didapat hanya 1 bar, kemudian jika ditaruh di atas kasur sinyal yang didapat bisa 3 bar.Dengan USB extender ini akan mempermudah kita untuk meletakkan modem di tempat yang banyak sinyal tanpa harus memindah laptop atau komputer.
Kemudian ada 1 lagi kegunaan USB extender. Bagaimana jika anda menggunakan USB extender sepanjang 10 meter kemudian modem anda taruh setinggi mungkin sebatas panjang kabel. Jika memungkinkan panjangnya kabel, anda bisa menaruh modem di atas atap rumah. Bahkan ada yang mengatakan, menggunakan antena eksternal (Yagi) dengan modem terletak di dalam ruangan masih kalah dalam urusan sinyal jika dibandingkan anda meletakkan modem di dekat antena eksternal langsung.
2. Antena Eksternal Outdoor
Antena eksternal outdoor yaitu antena eksternal yang diletakkan di luar rumah, misal antena Yagi, wajan bolic, dan lain-lain. Antena eksternal outdoor sifatnya permanen, artinya hanya bisa digunakan di satu tempat saja dan tidak bisa dibawa kemana-mana. Kenapa? Karena ukuran antena ini yang terlalu besar yang tidak memungkinkan anda untuk membawanya ke mana-mana.
Antena eksternal outdoor sendiri banyak macam dan tipenya. Kegunaan alat ini sangatlah besar, terbukti bisa menjadikan sinyal modem anda full bar, tergantung spesifikasi jangkauan antena dan juga letak geografis anda. Lihat lagi artikel saya yang berjudul ‘Uji Coba Memasang Antena Eksternal Yagi Pada Modem Smartfren EC1261-2‘ untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut mengenai antena eksternal Yagi.
3. Antena eksternal indoor (portable)
Ada antena eksternal outdoor berarti ada antena eksternal indoor atau biasa disebut antena portable. Antena ini memiliki bentuk fisik relatif kecil dan sederhana sehingga memungkinkan bagi anda untuk membawanya ke mana-mana bersama 1 paket dengan modem anda. Akan tetapi penangkapan sinyal antena ini masih kalah dengan antena outdoor karena diletakkan hanya sebatas di dalam ruangan. Bagi anda yang tidak ingin ribet memasang antena ekternal di atas atap maka antena portable ini adalah solusi bagi anda yang kesulitan mendapatkan sinyal modem yang bagus.
Catatan:
Baik antena eksternal outdoor ataupun indoor bisa digunakan untuk semua modem dan semua operator. Baik modem yang memiliki slot antena eksternal maupun modem yang tidak memiliki slot antena eksternal. Untuk modem yang tidak memiliki slot antena eksternal sebenarnya slot antena bisa anda temukan jika anda membongkar modem. Akan tetapi jika anda tidak ingin menanggung resiko membongkar modem, anda bisa menggunakan pigtail jenis induksi. Pigtail induksi pemasangannya hanya ditempelkan atau dililitkan pada modem saja.
4. Antena Booster (Internal Signal Booster)
Alat yang terakhir, yang kemungkinan belum banyak yang tahu adalah Antena Booster atau juga bisa disebut Internal Signal Booster. Anda sudah tahu Internal Signal Booster belum? Jika belum tahu, anda bisa membaca lagi artikel saya sebelumnya yang berjudul ‘Modem Smartfren EC1261-2 Memiliki Dua Internal Signal Booster’. Antena booster ini pengaruhnya sangat besar terhadap modem, sudah saya buktikan sendiri dengan uji cobadan terbukti bisa menambah sinyal yang didapatkan modem.
Beberapa kegunaan Antena booster (Internal signal booster) ini diantranya:
- Menstabilkan dan meningkatkan sinyal up to 30% (tergantung keadaan geografis dan jauh dekatnya anda dengan BTS)
- Mengurangi noise ketika melakukan panggilan
- Memperpanjang jangkauan sinyal hingga ke area yang sulit dijangkau oleh BTS
Beberapa modem mungkin sudah tertanam internal signal booster, seperti pada modem Smartfren EC1261-2. Tapi banyak juga modem yang tidak memiliki internal signal booster.
Antena booster ini juga bisa digunakan untuk semua perangkat internet wireless termasuk untuk handphone juga. Penggunaannya pun sangat mudah, cukup ditempelkan pada perangkat modem atau handphone. Untuk info antena booster ini anda bisa lihat pada web modemku.com.
Nah, ini sedikit informasi dari saya mengenai 4 alat atau tool yang digunakan untuk menambah sinyal modem anda. Mungkin masih banyak alat-alat lain yang bisa digunakan untuk menambah atau menaikkan sinyal modem, misal kepingan CD, panci, tutup panci, wajan, lilitan kawat tembaga, dan lain-lain, yang notabene tidak memerlukan modal (modal sedikit). Tetapi 4 alat yang saya sebutkan di atas bisa anda dapatkan dengan cara membeli (biar lebih formal) hehe…..Semoga artikel ini bermanfaat.


Sumber:modemku.com
 

ilmukujugailmukalian Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger