Memperbaiki Printer Head Epson yang Mampet

Sering kali kita menghadapi masalah hasil print out bergaris atau tidak muncul sama sekali. Hal ini sering dijumpai pada printer yang telah dimodifikasi dengan infus ataupun catridge telah di isi ulang (refill). Permasalahan ini muncul karena tinta infus atau tinta isi ulanga akan cenderung untuk lebih mudah mengering. Efeknya print head menjadi mampet.


Jangan bingung, untuk mengatasi hal ini beberapa tips sederhana bisa dilakukan.

1. Cobalah melakukan pencegahan dengan tidak membiarkan printer tidak dipakai lebih dari satu minggu. Bahkan sebaiknya kalaupun tidak ada pekerjaan sama sekali, biasakan melakukan print test setiap dua hari sekali ataupun paling lambat satu minggu sekali. Printer yang tidak dipakai menyebabkan aliran tinta tidak lancar dan ujungnya head mengalami penyumbatan.

2. Apabila memang sudah tersumbat, jangan panik. Untuk langkah awal bagi yang masih awam jangan coba-coba melepaskan head untuk di cleaning manual dengan air panas atau alkohol - resikonya terlalu besar. Mudahnya lakukan cleaning dengan software anda bisa cari di google dengan keyword: resetter, clean print head dll. Untuk printer Epson ada software yang sangat powerfull: SSC service utility yang bisa download di http://www.ssclg.com/epsone.shtml

Install program ini, dan dengan beberapakali click anda akan bisa melakukan hal-hal berikut ini:

1. Mengatasi print head yang mampet: masuk pada menu Head Cleaning, lakukan black head celaning, color head cleaning atau dengan jurus pamungkas Powerfull Cleaninng.

2. Melakukan Reset Counter

3. Melakukan Reset Protection

4. Mempertahankan/mengembalikan level tinta.

Saya telah mencobanya untuk EPSON CX2800 milik saya yang mampet tinta hitamnya. Dengan Powerfull Clean bisa lancar kembali. Alhamdulillah…
 

ilmukujugailmukalian Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger